Harga Sembako Perkiraan Akan Naik

 



Apa itu sembako ? Sembako ialah singkatan dari sembilan bahan pokok yatitu bahan-bahan makanan dan minuman yang secara umum sangat diperlukan oleh masyarakat luas. Bahan makanan dan minuman yang termasuk kedalam sembako didasarkan pada keputusan menteri perindustrian dan perdagangan nomor 115/MPP/KEP/2/1998 pada 27 Februari 1998. Sembilan bahan pokok tersebut diyakini mampu melengkapi nutrisi sehat masyarakat dari berbagai kalangan usia dan jenis kelamin. Sembako juga disesuaikan dengan bahan-bahan yang memang paling banyak digunakan di Indonesia, seperti misalnya beras yang menjadi yang menjadi makanan pokok kebanyakan masyarakat Indonesia. 

Berikut sembilan bahan pokok menurut kepmendagri 115 Tahun 1998:

1. Beras
2. Minyak goreng dan Mentega
3. Bawang merah dan Bawang putih
4. Gula pasir
5. Garam 
6. Daging sapi dan Ayam 
7. Susu
8. Telur ayam     
9. Minyak tanah atau Gas elpiji  




Penyebab terjadinya harga makanan pokok naik 

Penyebab terjadinya kemungkinan harga pangan bisa terjadi karena adanya konflik antar negara yang menghasilkan bahan-bahan pangan yang membuat harga pangan itu akan naik diakibatkan bahan pangan itu menjadi langka yang membuat sulit didapatkannya. Perubahan iklim yang signifikan yang membuat bahan-bahan pangan tersebut sulit untuk tumbuh dengan baik. Infrastruktur pertanian atau perkebunan yang cukup buruk dalam pengolahannya. Kurangnya teknologi dalam pengelolaan bahan pangan yang membuat bahan pangannan tersenut sulit untuk memproduksi bahan pangan.kurangnya jumlah petani yang dapat membantu proses pembuatan hasil pangan yang di inginkan,dan rendahnya produktivitas petani yang disebabkan oleh para petani yang sudah mulai bosan dengan pekerjaannya sebagai petani dan sulit dalam melakukan hasil produksi akibat faktor masalah ekonominya.

Dampak kenaikan harga pangan di Indonesia 

Indonesia sering kali terjadinya namanya kenaikan harga pangan atau harga-harga yang lainnya yang diakibatkan oleh inflansi yang tinggi,sebagaimana kita tau bahwa. Dengan adanya kenaikan harga ini pasti sering kali terjadinya hal yang dimana para pedagang sulit dalam menentukan harganya ketika harga-harga pangan pada melonjak naik dan akan menyebabkan para pendagang sulit dalam mendapatkan pelanggan karena harga terlalu tinggi .

Cara menanggulangi

Menanggulangi kenaikannya harga pangan di indonesia harus adanya kesadaran dari pemerintah dalam memperbaiki kastabilitas ekonomi dari kenaikan harga pangan di Indonesia .Strategi yang dilakukan dalam mencegah adanya penyebab- penyebab kenaikannya harga pangan ini memiliki impact yang besar pada perekonomian masyarakat kita yang bernotabene ekonominya sulit.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »