DAMPAK PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DAN PERBANDINGANNYA DENGAN KURIKULUM 2013

   Apa itu pengertian kurikulum ? kurikulum adalah seperangkat rancangan dan pengaturan mengenai tujuan,isi,dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. kurikulum merdeka memberikan kebebasan kepada sekolah untuk membuat kurikulum operasional dengan membuat konteks,sumber daya,dan kebutuhan sekolah masing -masing dengan tetap mengikuti pencapaian pembelajaran yang ditetapkan pemerintah. 

Fungsi kurikulum diantaranya adalah:

1.Tujuan nasional (pendidikan nasioanal)

2.Tujuan institusional (lembaga instituti)

3.Tujuan kurikuler (bidang studi)

4.Tujuan instruksioanal (penjabaran bidang studi)

   Perubahan kurikulum adalah siklus normal yang terjadi dibanyak negara.diindonesia,sejak diterapkan pada tahun 1947 perubahan kurikulum telah terjadi beberapa kali. meskipun pernyataan "ganti pemerintah ,ganti kurikulum"tidak sepenuhnya salah,kebijakan pemerintah pada periode tertentu bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi perubahan kurikulum. 

Apa saja faktor-faktor penyebabnya?

1.Pengaruh sosio politik global 

     perubahan kurikulum pertama yang terjadi karena faktor sosio politik global terjadi pada tahun 1947 untuk menghapus pengaruh pendidikan belanda . indonesia mengubah kurikulum kedua pada tahun 1968 untuk mengenalkan bahasa inggris sebagai bahasa asing pertama dalam kurikulum indonesia. kurikulum merdeka yang diterapkan pasca pandemi covid -19 pada tahun 2022 menjadi contoh dari pengaruh sosio politik global. kurikulum ini fokus pada literasi, nomersasi dan pendidikan karakter.

2.Penguatan idiologi negara 

      faktor penguatan idiologi negara dalam perubahan kurikulum, salah satunya terjadi penambahan mata pelajaran agama dikurikulum 1952. penambahan pelajaran agama sebagai mata pelajaran wajib dikurikulum ini mencerminkan pentingnya pendidikan agama dalam membentuk perkembangan moral dan spiritual peserta didik sebagai bagian dari idiologi negara.

3.Kebijakan dan arah  prmbangunan pemerintah

       kebijakan desentralisasi atau penyerahan wewenang pemerintah kepada daerah otonom diera reformasi juga mempengaruhi kurikulum 2004 dan 2006. kedua kurikulum ini memberikan otonomi lebih kepada sekolah dan universitas untuk menyusun kurikulum operasional sesuai semangat desentralisasi.

4.Dinamika dimasyarakat 

        perubahan kurikulum merespon ketidakpuasan masyarakat atas sistem pendidikan dan hasil pendidikan.selain kurikulum 3013,kurikulum merdeka juga lahir karena siswa dianggap terlalu dibebani dengan aspek kongnitif dan kemampuan siswa indonesia yang tidak menggembirakan,terutama kaitannya dengan skor PISA (programme for international student assesment).

 Dalam dunia pendidikan di indonesia,salah satu upaya pemerintah untuk memenuhi tujuan pendidikan diharapkan adalah dengan melakukan perubahan kurikulum .perubahan ini merupakan salah satu tahapan pengembangan antara kurikulum sebelumnya.sampai saat ini pemerintah telah memperkenalkan berbagai kurikulum yaitu kurikulum 1968,kurikulum 1975 ,kurikulum 1984,kurikulum1994,kurikulum2004,atau kurikulum berbasis kompetensi ,kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) ,kurikulum 2013,dan kurikulum yang baru -baru ini diterapkan yaitu kurikulum merdeka.

perbedaan mendasar antara kurikulum 2013 dengan kurikulum merdeka antara lain :kurikulum 2013 dirancang sesuai dengan tujuan sistem pendidikan nasioanal dan standar pendidikan nasional, dengan tambahan pengembangan profil pelajar pancasila dalam kurikulum merdeka. waktu kelas untuk kurikulum 2013 ditetapkan setiap minggu,sedangkan dalam kurikulum merdeka ditetapkan setiap tahun.proses pembelajaran dalam kurikulum merdeka dapat berlansung kapan saja dan dimana saja sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan guru dan siswa yang diajar.kurikulum 2013 mengutamakan kegiatan pembelajaran di dalam kelas. penilaian dalam kurikulum menekankan pada peningkatan profil pelajar pancasila ,serta kegiatan internal dan eksternal.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »