Gempita 72 Tahun Kemerdekaan NKRI

MERDEKA !!!!!!!!!

Satu kata di atas memiliki arti teramat sangat bagi kita semua Bangsa Indonesia pada tanggal 17 Agustus Tahun 1945. Sejak saat itu bangsa Indonesia merdeka dari penjajahan Belanda dan Jepang. Oleh karenanya kemerdekaan memiliki arti penting bagi bangsa kita Negara Kesatuan Republik Indonesia. Merdeka tak terlepas dari mengenang jasa perjuangan para pahlawan kita, pengibaran Sang Saka Merah Putih, menyanyian lagu Indonesia Raya, menyanyikan lagu Hari Merdeka, Upacara Bendera dan lain sebagainya sebagai apresiasi rasa terimakasih kita serta semangat kita untuk bangkit dan tetap merdeka.

Merdeka memiki makna terbebas dari segala belenggu (kekangan), bebas dari segala aturan, serta terbebas dari kekuasaan berbagai pihak. Merdeka dalam sebuah bangsa berarti terbebas dari belenggu penjajah. Indonesia telah terjajah selama 350 tahun lamanya oleh penjajahan Belanda dan Jepang. Angka 350 tahun merupakan angka yang sangat lama dalam memperjuangkan kemerdekaan RI sehingga tak terbayangkan betapa sulitnya kala itu para anak bangsa melawan penjajah dengan senjata yang lebih canggih, dengan tembakan, dengan bom sedangkan rakyat Indonesia hanya dengan mengandalkan alat – alat bantu sederhana seperti celurit, bambu runcing dan lain sebagainya. Segala hal mereka kerahkan untuk perjuangan melawan penjajah.

Perjuangan para pahlawan melawan penjajah merupakan suatu usaha dan kerja keras untuk menggapai kemerdekaan dengan melakukan perlawanan terhadap penjajah Belanda dan Jepang. Melawan penjajah tentu membutuhkan bentuk kerja keras yang tidak sedikit, pemikiran – pemikiran yang tidak gampang, do’a – do’a yang terus dipanjatkan, perlawanan yang menumpahkan darah hingga titik penghabisan. Berproses 350 tahun penjajahan hingga merdeka tahun 1945 adalah kurun waktu yang begitu lama hingga akhirnya berwujud nyata dalam meraih kemerdekaan bangsa Indonesia.

Wujud kemerdekaan tidak terlepas dari mereka para pejuang bangsa. Mereka para pahlawan bangsa yang memiliki keberanian dan pengorbanan dalam membela tanah air kita, Indonesia. Yang kemudian kita sebut sebagai Pahlawan Nasional, yang merupakan gelar penghargaan tertinggi yang diberikan kepada Warga Negara Indonesia atau seseorang yang berjuang melawan penjajahan di Indonesia yang telah gugur demi membela bangsa dan negara, dilansir dari Wikipedia.

Bendera ialah sepotong kain yang dikibarkan di tiang pada saat Upacara sebagai simbolis dengan maksud memberikan sinyal ataupun identitas. Bendera merupakan lambang suatu Negara sebagai wujud kedaulatan. Bendera Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah Sang Saka Merah Putih (Dwiwarna). Warna Merah yang memiliki arti keberanian dan Warna Putih berarti kesucian.

Hari Merdeka adalah Tujuh Belas Agustus Tahun Empat Lima yang dapat kita peringati setiap tanggal 17 Agustus untuk menghidupkan kembali semangat juang kita dalam berkarya dan bekerja untuk Indonesia tercinta serta bakti kita pada bangsa dan sebagai penerus cita – cita para pahlawan.

Tujuh belas Agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka Nusa dan Bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia
Merdeka
Sekali merdeka tetap merdeka
Selama hayat masih di kandung badan
Kita tetap setia tetap sedia
Mempertahankan Indonesia
Kita tetap setia tetap sedia
Membela negara kita

Puji syukur kehadirat Illahi Robbi atas kemenangan RI melawan penjajah. Tahun ini tak terasa 72 tahun sudah kita merdeka, dengan gegap gempita kita nyanyikan lagu di atas “Hari Merdeka” ciptaan Bapak Habib Muhammad Husein Muthahar.

Kini bangsaku dapat menjadi bangsa yang modernis. Kini tanah airku bisa merayakan kemerdekaan. Semua ini berkat jasa – jasamu para pahlawan bangsa. Terimakasih atas perjuanganmu yang telah mewujudkan kemerdekaan NKRI hingga titik darah penghabisan.

Berkibarlah Merah Putih benderaku.
Merdeka!
Ayo Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Ikhlas !

Abdima Indonesia.
Cholif_

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »