Populernya model metode pembelajaran ceramah dan 41 model pembelajaran yang sering terlupakan….
Berikut akan saya paparkan macam-macam metode pembelajaran yang efektif untuk dapat dilaksanakan. Khususnya para pendidik atau juga para calon pendidik. Selama ini kita hanya familiar atau bahkan selalu hanya menggunakan metode seperti ceramah. padahal banyak sekali selain metode tersebut yang dapat digunakan dan efektif dalam usaha meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi yang kita sampaikan dan pada akhirnya tujuan dari pembelajaran yang sudah kita tetapkan di awal tercapai dengan baik dan akan tecipta pembelajaran yang berkualitas serta tercipta pengalaman-pengalaman yang menarik.
Selanjutnya anda dapat mengklik metode di bawah ini, karena dalam micro teaching di daftar mata kuliah saya dan termasuk kedalam pembahasan kependidikan jadi disini akan dijelaskan secara singat untuk masing-masing metode tersebut.
- EXAMPLE NON EXAMPLE Contoh dapat dari kasus/ gambar yang relevan dengan KD
- PICTURE NON PICTURE
- NUMBERED HEADS TOGETHER (Kepala bernomor, Spencer Kagan 1992)
- COOPERATIVE SCRIPT (Dansereau Cs 1985)
- KEPALA BERNOMOR STRUKTUR (Modifikasi dari number heads)
- STUDENT TEAMS- ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) Tim siswa kelompok prestasi
- JIGSAW-MODEL TIM AHLI (Aronssn – Braney – Stephen – Sikes – and Snapp 1978)
- PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI) Pembelajaran berdasarkan masalah
- ARTIKULASI
- MIND MAPPING
- MAKE – A MATCH mencari pasangan (lorna Curran 1994)
- THINK PAIR AND SHARE
- DEBATE
- ROLE PLAYING
- GROUP INVESTIGATION Sharan 1992
- TALKING STICK
- BERTUKAR PASANGAN
- SNOWBALL THROWING
- STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING Siswa/ peserta mempresentasikan ide/ pendapat pada rekan peserta lainnya
- COURSE REVIEW HORAY
- DEMONSTRATION DAN EKSPERIMEN ( Khusus materi yang memerlukan peragaan atau percobaan misalnya Gussen )
- EXPLISIT INSTRUCTION Pengajaran langsung ( Rosenshina and Stevens 1986 )
- COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) Kooperative membaca dan menulis (Steven and Slavin 1995)
- INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE (LINGKARAN KECIL-LINGKARAN BESAR) oleh Spencer Kagan
- COOPERATIVE LEARNING (TEBAK KATA)
- WORD SQUARE
- SCRAMBLE
- TAKE AND GIVE
- CONSEPT SENTENCES
- COMPLETTE SENTENCE
- TIME TOKEN AREND 1998
- PAIR CECKS SPENCER KAGEN 1993
- ROUND CLUB (KELILING KELOMPOK)
- TARI BAMBU
- DUA TINGGAL DUA TAMU (TWO STRAY TWO STRAY) SPENCER KAGAN 1992)
- STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS)
- PEMBELAJARAN OTENTIK (OUTENTIC LEARNING)
- NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)
- INQUIRY
- MODEL PEMBELAJARAN TERPADU
- BERBASIS PROYEK DAN TUGAS
- PEMBELAJARAN BERBASIS JASA DAN LAYANAN (SERVICE LEARNING)
http://jurnalbidandiah.blogspot.com/2012/04/pembelajaran-berbasis-jasa-layanan.html#ixzz2uZdA2G4Y
EmoticonEmoticon